Categories
Uncategorized

Hukum qurban dimalam hari menurut para ahli ulama

Untuk menghindari nilai qurban yang tidak disetujui oleh Allah SWT, shohibul qurban harus terus-menerus memperhatikan kriteria berkurban dan menjauhi larangan berkurban. Salah satu syarat hukum qurban adalah ternak disembelih dalam batas waktu Islam, yaitu 10-13 Dzulhijjah. Seiring dengan persyaratan ini, ada satu masalah yang belum diselesaikan oleh para akademisi: ketentuan untuk menyembelih qurban di malam hari.

Anda harus menyadari bahwa batas waktu untuk melakukan qurban adalah dari akhir shalat Idul Adha (10 Dzulhijjah) sampai matahari terbenam pada tanggal 13 Dzulhijjah. Dengan kata lain, jika qurban dilakukan sebelum shalat Idul Adha dan setelah tanggal 13 Dzulhijjah, hukum qurban akan menjadi tidak sah.

Dalam pernyataan Allah SWT dalam al-Quran surah Ar-Rum ayat 23 yang Artinya:

Dan di antara tanda-tanda kuasa-Nya adalah tidur di malam hari dan mencari beberapa karunia-Nya di siang hari. Sesungguhnya di dalam hal inilah sesungguhnya ada tanda-tanda bagi orang-orang yang mendengarkan.”

Maka Allah SWT sangat menganjurkan umat-Nya untuk melaksanakan ibadah ketika matahari masih terang bersinar di bumi. Hal inilah yang juga membuat Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa diriwayatkan dalam sebuah hadis Al-Baihaqi bahwa:

“Nabi (SAW) melarang umatnya untuk memanen dan menyembelih hewan qurban di malam hari. Itu terjadi karena keterbatasan kondisi manusia sehingga Nabi (SAW) melarangnya, kemudian memberikan keringanan hukuman.”

Namun, menurut Imam Nawawi, ini tidak mengesampingkan validitas hewan yang disembelih saat hari mulai gelap, tetapi itu membuat tata cara makruh. Karena kemungkinan kesalahan saat menyembelih qurban karena penerangan yang rendah, tukang daging atau orang yang mewakili qurban menyembelih qurban di malam hari.

Akibatnya, Anda sering dapat menyembelih hewan qurban dari pagi hingga maghrib. Idenya adalah untuk menjaga qurban Anda dari ibadah sementara masih menuai keuntungan paling dari qurban. Anda dapat memanfaatkan layanan qurban secara online dengan Qurban Online untuk memastikan keamanan ibadah qurban Anda.

Qurban Online menawarkan banyak keuntungan dari qurban online, seperti:

  1. Prosedur qurban online yang mudah dimengerti.
  2. Pemilihan hewan qurban yang praktis dan cepat.
  3. Harga hewan qurban ekonomis, baik domba, kambing, maupun sapi.
  4. Memiliki kandang Anda sendiri.
  5. Menyediakan layanan perawatan hewan sebelum qurban.
  6. Berikan jaminan untuk mengganti hewan jika hewan menjadi cacat atau sakit ketika Anda telah membelinya.
  7. Laporan hewan dan sertifikat qurban tersedia.
  8. Menyediakan live streaming hewan qurban 7×24 jam.
  9. Mengolah produk qurban menjadi olahan kornet yang lezat, sehat dan tentunya halal.
  10. Penyaluran hasil qurban kepada penerima qurban dengan target yang tepat di seluruh Indonesia.

Apakah ada Qurban yang praktis, tidak rumit, aman, dan dapat diandalkan? Solusinya adalah Qurban Online

Leave a Reply

Your email address will not be published.